SEMANGAT PAGI

semangat pagi..BILA ADA INFO BENCANA/MUSIBAH SEGERA HUBUNGI EMERGENCY CALL : 024 70703045 / 08122914271)

Senin, 18 Juni 2012

Latihan Gabungan Akademi Keperawatan Provinsi JATENG


Semarang, Kamis 14 Juni 2012 diadakan latihan perairan gabungan bersama Akademi Keperawatan Provinsi Jawa Tengah di perairan Pantai Maroon, Semarang. Sebanyak 52 orang peserta yang berasal dari berbagai daerah Jawa Tengah ini sangat antusias dalam pemberian materi-materi pelatihan yang yang diberikan oleh rekan-rekan dari SARDA Jawa Tengah dan Pengajar dari Akademi Keperawatan Provinsi.


Dengan Tema kegiatan “SMART & Caring” dalam pelatihan ini, materi-materi yang diberikan dari latihan ini terdiri dari materi darat dan materi perairan. Untuk Materi darat materi yang diberikan yakni: pendirian tenda evakuasi, evakuasi korban bencana, penangan darurat korban dan EMT (Emergency Medical Technician) yang diberikan oleh Pengajar dari AKPER dan SARDA Jateng. Sedangkan untuk materi perairan yang diberikan antara lain: olah gerak perahu karet/rubber boat dan Water Rescue yang terdiri dari teknik berenang, evakuasi korban panik dan korban tenggelam. Seluruh materi water rescue diberikan oleh SARDA Jateng. 


Setelah pemberian materi selesai, 52 peserta diajak ke tengah perairan dan melakukan renang massal menuju ke daratan yang berjarak ± 200 meter. Yang kebanyak dari peserta kurang jago dalam berenang. Dengan kerjasama dan kekompakan akhirnya mereka sanggup melaksanakan tantangan yang diberikan Instruktur dengan baik. Pesan dari Mbah Eko kepada Pembina  kegiatan ini yaitu semoga kegiatan pelatihan dan kerjasama ini dapat menciptakan relawan yang siap siaga pada saat terjadinya kebencanaan yang datang tiap waktu, sehingga ada rekan dalam saat evakuasi bencana didaerah Jawa Tengah. (keduls) 










Tidak ada komentar:

Posting Komentar