SEMANGAT PAGI

semangat pagi..BILA ADA INFO BENCANA/MUSIBAH SEGERA HUBUNGI EMERGENCY CALL : 024 70703045 / 08122914271)

Kamis, 28 Juni 2012

Latihan Perairan Terbuka 2 UKSA-387 UNDIP


Sabtu, 23 Juni 2012 UKSA-387 Undip menyelenggaraka Latihan Perairan Terbuka 2 (LPT 2) sampai tanggal 25 Juni 2012. Dengan tema kegiatan “DISASTER MANAGEMENT” rangkaian acara dimulai dengan materi ruangan berupa seminar kecil yang diisi oleh berbagai instansi, diantaranya: Radio Komunikasi dari Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI), Penanggulangan Bencana dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jateng dan enangan darurat korban dari Palang Merah Indonesia.


Pada sore hari selepas kegiatan seminar dari Kampus Telukawur, rombongan peserta kembali ke Asrama Mahasiswa Kelautan di Teluk Awur. Rombongan dari SARDA JATENG dan langsung memberikan pendahuluan materi untuk kegiatan esok hari. Rombongan yang terdiri dari SudarsonoA. Sarwono, Didik Pangestu, Abdul Muis, Ryan Ariesta, Arix dan Lutfi Hasan berbincang langsung dengan peserta kegiatan LPT 2 tersebut.

Drs. Sudarsono A. Sarwono selaku Sekretaris Umum SARDA JATENG memberikan pembukaan dan sambutan pembuka. Beliau memberi masukkan “pelatihan bencana hendaknya tidak hanya dilakukan dilaut saja, tetapi dapat dilakukan disekitar kampus. Karena UNDIP sendiri jarang melakukan kegiatan penanggulangan bencana dilingkungan kampus akhir-akhir ini.” Kata beliau. “UKSA-387 Undip yang selama ini bekerja sama secara rutin dengan SARDA JATENG dapat menjadi pionir dalam penangan darurat dilingkungan UNDIP sendiri.” Imbuhnya lagi.

Esok harinya materi lapangan diberikan kepada rekan-rekan peserta LPT 2. Materi yang diberikan berupa: Evakuasi korban di Air, pemasangan/perakitan Rubber Boat dengan benar, Lift Boat yakni membalikkan posisi kapal karet secara 180o, evakuasi korban darat secara tim, pengopersian motor tempel, olah gerak perahu dengan dayung dan perawatan rubber boat dan motor tempel setelah pemakaian.

Malam harinya evaluasi dilakukan di hall asrama beserta peserta LPT 2. Dalam evaluasi tersebut Mas Lutfi berbincang mengenai pengalamannya selama bergabung dengan SARDA JATENG dan beberapa gambaran mengenai penyelamatan korban hanyut di laut.

Hari senin 25 Juni 2012 seluruh peserta LPT melaksanakan penyeberangan pulau yang start awalnya di P. Panjang dan berakhir di dermaga Telukawur dengan jarak sekitar 2,34 mil laut (4,7 km). Keseluruhan peserta melaksanakan penyeberangan dengan alat dasar selam yakni masker, snorkel dan fins. Selain peserta ada juga pengurus yang melakukan penyeberangan Pulau tanpa menggunankan alat dasar selam yakni Rendy Eza, Bondan, Sahid dan Oscar Agustino. Nama terakhir yang disebut sudah melakukan penyebrangan tanpa alat untuk kali ke-2. Dan SARDA JATENG memberi pengarahan kepada peserta mengenai rute dan informasi arus yang akan dilalui peserta. (keduls)














1 komentar: