SEMANGAT PAGI

semangat pagi..BILA ADA INFO BENCANA/MUSIBAH SEGERA HUBUNGI EMERGENCY CALL : 024 70703045 / 08122914271)

Jumat, 01 Juni 2012

ROBAN RESCUE Pelopor SAR Kabupaten Batang


Batang, Kabupaten Batang terdiri dari 239 desa dengan tingkat kerawanan bencana yang cukup rawan  mengingat Kab Batang terdiri dari pesisir laut, pegunungan serta banyaknya sungai-sungai besar yang melintas, dengan kondisi seperti ini menjadikan kab. Batang mejadi salah satu kabupaten dengan tingkat kerawanan yang bisa di bilang tinggi.

Dengan banyaknya potensi dan ancaman bencana di kab. Batang maka perlu ditingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan di masyarakat. Upaya untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana dilaksanakan oleh Dinas Perhubungan Kab. Batang, sebanyak 50 peserta berasal dari unsur masyarakat diantranya dari Linmas, pamong praja, pegawai serta karyawan kecamatan, PKK desa serta karang taruna ikut dalam kegiatan "Bimbingan Teknis Search And Rescue Kabupate Batang" yg diadakan oleh Dinas Perhubungan Kab. Batang. Acara yang berlansung selama 2 hari dimulai tanggal 28-29 Mei 2012 ini, dilaksanakan pada dua tempat berbeda, yakni Balai Pertemuan Umum Kelurahan Pagilaran, Blado dan Pantai Sigandu, Klidang Lor sebagai tempat pelatihan penanggulangan bencana dasar.

Materi Pelatihan ini berupa penyampaian materi di ruang dan praktek di lapangan. adapun materi pelatihan ini adalah Pengertian Bencana, Penanganan darurat bencana, Penanggulangan Kebakaran dan Evakuasi Korban materi disampaikan oleh pemateri dari BPBD Prov. Jateng. Dinas Kebakaran Kab. Batang, PMI, Sotong Rescue dari SARDA Jateng dan untuk meningkatkan semangat dari peserta diberikan juga penanaman korsa dalam outbond ringan untuk menumbuhkan jiwa kebersamaan.


Pada simulasi penanganan darurat bencana ini dari berbagai pihak terkait memberikan materi sesuai bidang yang dikuasai. Dinas Pemadam Kebabakaran memberikan materi pemadaman api menggunakan APAR dan Fire Hydrant. Dari Palang Merah Indonesia memberikan materi evakuasi korban darat dan pertolongan pertama korban. Dari SARDA Jateng dan SOTONG Rescue memberikan materi water rescue berupa olah gerak perahu motor dan perahu karet dayung. Kepala Bagian TU bapak Rofik ikut serta dalam materi water rescue dan antusias mengikuti materi seperti pesrta yang lain.

Setelah acara pelatihan selesai rekan-rekan peserta yang mengikuti kegiatan BINTEK SAR untuk yang pertama kalinya di Kab. Batang ini menyepakati bahwa Tim SAR baru yang akan memelopori penanganan kebencanaan di Kabupaten Batang dengan nama ROBAN RESCUE yang diambil dari nama wilayah yang dikenal di Kabupaten Batang. (keduls)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar