SEMANGAT PAGI

semangat pagi..BILA ADA INFO BENCANA/MUSIBAH SEGERA HUBUNGI EMERGENCY CALL : 024 70703045 / 08122914271)

Kamis, 05 Juli 2012

PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DASAR VIII PPAK & EMERGENCY SAR HIMALAWU SRAGEN 24-29 JUNI 2012




Pada tanggal 24  - 29 Juni 2012 kemarin, perhimpunan pencinta alam  yang berusia 34 tahun ini mengadakan Pendidikan untuk Anggota baru di Sesi pendidikan lapangan yang bertajuk "LATSAR VIII HIMALAWU". Kegiatan tersebut merupakan kelanjutan dari sesi sebelumnya yaitu sesi Pra- Pendidikan yang notabene selama 2 bulan calon anggota digembleng melalui materi-materi di ruangan, kemudian dilanjutkan dengan beberapa problem solving.

setelah melalui beberapa tahapan seleksi peserta yang terjaring dan memenuhi persyaratan adalah 7 orang siswa. dalam hal ini materi yang di berikan adalah materi dasar sar ditambah dengan ilmu tentang kebencanaan serta penanganan pengungsi.





pemateri untuk kegiatan ini adalah dari senior dan juga sesepuh dari HIMALAWU yang sudah berkompeten di bidangnya. 



SESI LAPANGAN
24 Juni 2012
Siswa berkumpul di posko untuk packing bersama, materi sejarah oleh ketua umum perhimpunan Bp. Fch. S. Widodo Prasetyo , dilanjutkan pemberian informasi terakhir mengenai Pendidikan. kemudian siswa menginap untuk tidur di posko Himalawu.

25 Juni 2012
pukul 01.00 dini hari siswa diberangkatkan menuju tempat pelatihan. Dengan Colt T L-300 yang di-driver i saudara Benedictus. siswa menembus dingin malam menuju lereng barat laut gunung Lawu. 
pukul 03.00
siswa sampai di Candhi Sukuh disambut oleh Ketua Pelaksana Bp. Supadiyatman, diberi pengarahan kemudian diserahkan kepada instruktur untuk dibina dan dididik sebagai mana mestinya.
03.30
tracking dari candhi suku menuju titik Camp I dimulai.
3 jam tracking yang melelahkan dilalui, menahan dingin dan rasa kantuk. sampai matahari terbit siswa sampai di camp I. dan diberi jam tidur selama 2 jam. kemudian sarapan dilanjutkan tracking ke Camp II, Dengan Metode Praktek Navigasi, Ilmu Medan Peta dan Kompas. adzan magrib terdengar siswa baru sampai di camp II. bivak kemudian didirikan

26 Juni 2012
bangun pagi dilanjutkan dengan plotting area,(resection) kemudian dilanjutkan praktek membuat instalasi SRT, Prosedur peminjaman Alat yang diampu oleh Bp. Totok Marwoto. dan kemudian percobaan Rappeling. sampai jam 16.00 sore. dari titik Pelatihan SRT siswa diajak tracking menuju Pos I gunung Lawu via candhi ceto. pukul 18.00 siswa baru sampai di pos I. kemudian dilanjutkan dengan makan malam.
 
pukul 19.00 Tahap SURVIVAL dimulai, hanya di bekali pisau, garam dan korek api siswa dituntut untuk mampu bertahan dalam kondisi yang ekstrim dan mampu bertahan hidup di gunung hutan.
bivak , dan api unggun pun didirikan.

27 Juni 2012
siswa bangun pagi, sarapan dengan makanan yang diperoleh dari hutan kemudian dilanjutkan latihan Navigasi Tertutup menembus hutan, menuju titik pelatihan Survival seri II, pukul 12.00 siswa sampai di tempat latihan. semua peralatan siswa ditarik dan dilanjutkan dengan pembuatan bivak alam, Individu. 

28 Juni 2012
bangun pagi, pemetaan area, resection dilanjutkan simulasi Operasi SAR Gunung Hutan.
sampai pukul 15.00 siswa makan sore kemudian Simulasi Lanjutan, tahap koordinasi (belajar berkoordinasi dengan anggota SAR yang lain, ESAR) simulasi selesai, siswa ditarik di sebelah Candhi Ceto mendirikan bivak kemudian malamnya dilanjutkan malam pengakraban oleh sesepuh dan senior. 

29 Juni 2012
longmarch dari Candhi Ceto sampai Posko Himalawu, dilanjutkan penyerahan siswa kepada Ketua umum untuk dilantik menjadi anggota Muda PPAK & Emergency SAR hIMALAWU

demikian tahap pendidikan masih akan berlanjut ke sesi Diklat Lanjutan, Ekspedisi- Ekpedisi, sampai Anggota muda sudah siap diterjunkan ke lapangan untuk mengembangkan Himalawu baik dari segi pencinta alam, maupun tugas nya dalam misi Kemanusiaan pada umumnya.(ndems)

Sepi ing pamrih rame ing gawe…..AVIGNAM JAGAD SAMAGRAM..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar