SEMANGAT PAGI

semangat pagi..BILA ADA INFO BENCANA/MUSIBAH SEGERA HUBUNGI EMERGENCY CALL : 024 70703045 / 08122914271)

Minggu, 19 Januari 2014

Banjir Pati

Teraspos - Puluhan desa yang tersebar di delapan kecamatan di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Minggu, dilanda banjir menyusul tingginya curah hujan di daerah setempat selama beberapa hari terakhir.

"Curah hujan yang cukup tinggi, berdampak pada peningkatan debit air sungai di masing-masing daerah mengalami lonjakan dan sebagian besar meluap hingga menggenangi sejumlah pemukiman warga," kata Kepala Harian BPBD Kabupaten Pati, Sujono, di Pati, Minggu malam.

Banjir yang melanda puluhan desa terjadi sejak Sabtu (18/1) hingga sekarang.
Adapun jumlah desa yang tercatat dilanda banjir hingga saat ini, sebanyak 29 desa yang tersebar di delapan kecamatan di Kabupaten Pati.


Kedelapan kecamatan tersebut, yakni Kecamatan Gabus terdapat empat desa, Kecamatan Kota Pati sebanyak tiga desa, Kecamatan Juwana sebanyak lima desa, dan Kecamatan Tayu sebanyak lima desa.

Sementara di Kecamatan Margoyoso terdapat tiga desa, Kecamatan Jakenan sebanyak lima desa, Kecamatan Dukuhseti sebanyak tiga desa, Kecamatan Sukolilo sebanyak satu desa.
Ketinggian genangan banjir di sejumlah daerah, kata dia, bervariasi, antara 50 sentimeter hingga 1 meter. Lokasi banjir terparah, yakni di Desa Banjarsari, Kecamatan Gabus. Di lokasi tersebut, tercatat sebanyak 1.026 jiwa dari 216 keluarga menjadi korban banjir.

"Sebagian besar warga, mulai menyelamatkan perabot rumah tangga maupun barang berharga ke tempat yang lebih aman dari genangan banjir."
Meskipun ketinggian genangan semakin meningkat, lanjut dia, masih banyak warga yang bertahan di rumah, karena sebagian besar pondasi rumah warga sudah ditinggikan.
Selain menggenangi pemukiman, banjir juga menggenangi jalan masuk menuju desa setempat hingga ketinggian 1 meter. Selain itu, kata dia, banjir juga mulai menggenangi area pesawahan milik warga.(ant)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar