SEMANGAT PAGI

semangat pagi..BILA ADA INFO BENCANA/MUSIBAH SEGERA HUBUNGI EMERGENCY CALL : 024 70703045 / 08122914271)

Senin, 08 Juli 2013

TRC GAFATAR LATIHAN WATER RESCUE


Semarang, Jumat (GAFATAR–DPD Jateng), Sebagai suatu organisasi kemasyarakatan yang ingin mendharmabaktikan kepada masyarakat, bangsa dan negara untuk kepentingan kemanusiaan maka sudah menjadi rumusan bahwa setiap anggota TRC (Tim Reaksi Cepat) GAFATAR harus memiliki skill diatas standard sehingga kemampuan yang dimiliki dapat dimanfaatkan untuk menolong orang lain. Berkaitan dengan hal tersebut TRC GAFATAR Jateng mengikuti pelatihan SAR Laut di Pantai Maron Semarang, sebanyak 7 personel TRC GAFATAR dilatih oleh SARDA Jateng. Kegiatan ini bersamaan dengan agenda SARDA Jateng melatih SAR Laut kepada 84 siswa Penerbad. Acara berlangsung pukul 09:00 WIB yang diawali dengan perkenalan personel TRC GAFATAR kepada teman-teman SARDA yang dikepalai oleh Bpk Eko Prayitno atau akrab dipanggil Mbah Echo. (5/7)



Sebelum melakukan pelatihan, sebelumnya dilakukan peregangan otot-otot agar tidak ada cedera saat berlatih. Acara berlangsung santai tapi serius, dimulai dari penjelasan secara teori dan langsung praktek di lapangan dipandu oleh teman-teman SARDA. Skill yang diberikan SARDA pun langsung dipraktekkan satu persatu oleh anggota TRC GAFATAR, mulai dari keselamatan diri sendiri, penyelamatan kepada orang lain, dan pengenalan alat-alat yang biasa dipakai di area laut.


Setelah cukup melakukan praktek di darat, kemudian TRC GAFATAR dilatih terjun langsung di laut yang diantaranya berlatih tentang cara mendayung yang benar dan teknik penyelamatan di laut. Para personel TRC GAFATAR merasa tertantang dengan pelatihan ini karena semuanya diminta langsung terjun di tengah-tengah laut, dan ini merupakan pengalaman pertama kali para TRC GAFATAR. Namun dengan arahan dan bimbingan teman-teman SARDA semua dapat berjalan dengan lancar.


Tepat pukul 12:00 WIB acara selesai dan dilanjutkan dengan foto bersama serta mengemas peralatan yang telah digunakan. TRC GAFATAR tidak hanya belajar saat dilaut saja, namun sampai pada pengemasan peralatan itu pun merupakan kegiatan yang penuh dengan pembelajaran, karena ternyata ada prosedur standard dalam perawatan alat-alat yang telah di gunakan di laut agar kondisinya tetap terjaga. (jagad)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar