SEMANGAT PAGI

semangat pagi..BILA ADA INFO BENCANA/MUSIBAH SEGERA HUBUNGI EMERGENCY CALL : 024 70703045 / 08122914271)

Kamis, 21 Februari 2013

LONGSOR DI PEMALANG

Pemalang - teriakan suara minta tolong dan suara gemuruh longsor terdengar di desa Watukumpul, Kab. Pemalang, sebanyak 8 rumah rumah tertimpa longsoran tanah dan beberapa korban tergeletak yang belum di ketahui jumlahnya. sementara itu relawan dengan sigap dan cepat mampu menangani korban yang luka luka untuk di berikan bantuan pertolongan pertama

cerita diatas adalah sekelumit cuplikan simulasi yang diadakan oleh BPBD Prov. Jateng (21/02/13) yang bertempat di aula SMA N 1 Pemalang yang bertemakan "Pelatihan Penanganan Darurat Bencana Bagi Masyarakat" pelatihan ini di ikuti oleh 125 peserta dari karang taruna dan perangkat desa se-Kabupaten Pemalang


acara di buka oleh Kepala Bidang Penanganan Darurat Gembong. P Nugroho yang mengatakan untuk mendorong Kab. Pemalang agar cepat terbentuknya BPBD Kab. Pemalang yang sampai saat ini belum terealisasi, mengingat juga wilayah kabupaten Pemalang termasuk dalam daerah rawan bencana seperti tanah longsor, banjir, angin puting beliung, kebakaran dan ancaman erupsi gunung slamet. 

dalam pelatihan ini masyarakat di berikan materi tentang kebencanaan dasar, seperti mengenal bencana, PPGD, pendirian tenda dll..sedangkan narasunber berasal dari sejumlah instansi yaitu PMI Kab. Pemalang, SARDA JATENG, Dinas Sosial Kab. Pemalang serta datang juga dari Komisi E DPR Prov Jateng.

"semoga pelatihan ini bermanfaat dan bisa menambah keterampilan dalam upaya penanganan darurat bencana, semoga ilmu yang didapatkan bisa di tularkan kepada anggota masyarakat yang lain" ujar Gembong P. Nugroho dalam sambutannya.

di akhir pelatihan di berikan simulasi kecil dalam penanganan korban longsor, para peserta sangat cekatan dan mampu menyerap materi yang di berikan hal ini bisa di lihat dari kecepatan proses evakuasi korban serta penangananya. (ndems)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar