SEMANGAT PAGI

semangat pagi..BILA ADA INFO BENCANA/MUSIBAH SEGERA HUBUNGI EMERGENCY CALL : 024 70703045 / 08122914271)

Jumat, 16 Agustus 2013

Musibah KM Jhonson di P. Panjang Kab. Jepara

Jepara,15 Agustus 2013 merupakan hari perayaan Lomban (sedekah laut syawalan) warga pesisir Jepara dan sekitarnya. Tim Sarda Jateng yang diwakili Mbah Eko, Didik Djatmiko dan Abdul Muis mendampingi pelarungan. Pelaksanaan pelarungan sedekah dari bapak bupati Jepara menuju tengah laut lepas berjalan lancar hingga selesai..
Namun musibah menimpa penumpang KM Johnson yqng hendak kembali dari P. Panjang menuju dermaga Kartini pada pukul 1.00 WIB. Kapal yg seharusnya membawa max. 20 penumpang dipaksakan mengangkut lebih dari 50an penumpang.


Dengan kondisi kelebihan muatan dan hempasan ombak, kapal nahas tersebut terbalik beserta muatan orang dikapal tersebut setelah bergerak 500m dari bibir pantai P. panjang. Penumpang yang panik dan mampu selamat ditolong perahu nelayan yg terdekat. 
Tim SAR gabungan dari Jepara, SARDA JATENG dan BASARNAS meluncur kelokasi P. Panjang dan melakukan evakuasi korban yang tidak bisa menyelamatkan diri dan hilang di perairan. Dari data yang dihimpun ada 63 penumpang beserta ABK. Korban selamat 44 orang, meninggal 14 orang hilang 2 dan abk 3 orang. 
Pada hari pertama 2jam setelah musibah terjadi, penyelam dari tim SARDA Jateng dan BASARNAS berhasil mengevakuasi 3 korban yang tidak bisa selamat dari musibah tersebut. Diantaranya 2 anak kecil dan 1 wanita dewasa. Tinggingya konsentrasi solar yang tumpah menyulitkan proses pencarian karena membatasi jarak pandang. Semakin tenggelamnya posisi matahari mengakhiri pencarian untuk hari itu.
Pencarian hari kedua sampai sore tadi, 6 korban berhasil ditemukan dalam kondisi meninggal melalui penyisiran kembali didalam bangkai kapal dan perairan lepas. 
Proses pencarian masih akan dilakukan sampai besok pagi oleh rekan2 Polairut, Tim SAR gabungan dan nelayan sekitar.

UPDATE 17/08/2013
Sisa Korban yg hilang dari musibah KM Jonson sudah ditemukan tim SAR gabungan siang tadi. Sehingga operasi pencarian korban di Perairan Jepara dinyatakan telah selesai. berikut data yang didapat dari BPBD Kab. Jepara.
R.INAP = 25 orang R.JALAN = 13 orang MD = 16 orang
 SEHAT = 10 orang 
ABK = 3 orang
TOTAL korban KM Jonson 67 orang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar